JIPP Jateng

Info Penting : Launching KIPP tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada bulan April 2020    Info Penting : KIPP tingkat Nasional (SINOVIK) Tahun 2020 telah dimulai, Pengajuan Proposal 4 Maret - 26 April 2020    

Penyederhanaan Prosedur Pendaftaran Melalui "SI BINA CANTIK" (SISTEM bRIDGING SIM RSMS, BPJS dan INA-CBG's Menuju Akuntabilitas, Transparansi dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan JKN Secara Paripurna)

2018-04-24 09:24:25

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo merupakan RS milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah Klas BPendidikan yang berada di Purwokerto dengan jangkauan wilayah Jawa Tengah bagian barat selatan. RSUDProf. Dr. Margono Soekarjo menjadi rumah sakit rujukan regional / tersier dengan cakupan rumah sakitperujuk yang terdiri dari 78 rumah sakit dan 289 Puskesmas.Masalah yang dihadapi antara lain Pelanggan (peserta BPJS) menunggu lama dalam input datapendaftaran rawat jalan karena input data berulang 3 kali di sistem SIMRS, BPJS dan INA-CBG’s, gawatdarurat maupun rawat inap  (15 menit), Informasi mengenai tambahan iur biaya lama (60 menit), data yangtersimpan di tiga sistem memungkinkan ada perbedaan antar sistem, Proses alur klaim panjang karena harusmelakukan cek data secara manual di tiga sistem, Sulit melakukan evaluasi karena data tersebar di ketigasistem.Inovasi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pembuatan sistem bridgingyang menghubungkan antara SIM RSMS, BPJS dan INA-CBG’s. Sistem bridging merupakan penggunaanfasilitas teknologi informasi web service yang memungkinkan beberapa sistem yang berbeda pada saat yangsama mampu melakukan beberapa proses tanpa adanya intervensi satu sistem kepada sistem lainnyasecara langsung, sehingga tingkat keamanan dan kerahasiaan masing-masing sistem tetap terjaga. Hasilpenerapan inovasi “SI BINA CANTIK” antara lain penyederhanaan prosedur pendaftaran dengan inputdata hanya sekali yaitu di SIMRS sehingga data yang dihasilkan lebih valid dan akurat, waktu untuk inputdata pendaftaran pasien BPJS lebih singkat (kurang dari 1 menit), informasi mengenai tambahan iur biayadapat dilihat lebih cepat semula 60 menit menjadi kurang dari 1 menit, proses alur klaim lebih singkat karenacukup melihat di 1 sistem, dan lebih mudah melakukan evaluasi karena komunikasi data dapat dilakukanantar sistem.

Foto Penerapan

Awal Periode : 06 Januari 2014




Lihat Video Inovasi

Personal Kontak : Yunita Dyah Suminar, S.KM.,M.Sc.
Telepon : 0281631015
Instansi : RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto